Mau Mengurangi Stres ? Yuk Ikuti Cara ini

Ini alasan kenapa origami diajarkan kepada anak sejak usia dini, disamping berkreasi juga bisa menghilangkan kejenuhan sehingga energi yang besar pada anak bisa tersalurkan.

Teknik melipat kertas dari Jepang yaitu origami, kerap dilakukan seseorang untuk mengisi waktu luang sambil menghasilkan sebuah karya seni. Meski begitu, patut diingat bahwa membuat origami juga berdampak baik bagi kondisi psikis seseorang.

Diungkapkan seorang pakar psikolog klinis di Adelaide, Dr Darryl Cross, origami bisa menghilangkan stres atau sebaliknya, justru bisa memicu stres. Tergantung dari mana seseorang memperlakukan kegiatan origami. Ketika yang bersangkutan terlalu terobsesi membuat origami yang mereka inginkan, bisa saja mereka justru merasa stres. Jadi sebelum memulai origami wajib ditata dulu emosinya biar tidak sia – sia waktunya, emosi dengan stres berbeda lho ya 🙂

Baca Juga : Cangklong Alternatif Mengurangi Merokok 

“Tapi, ketika kita menjadikan kegiatan membuat origami ini menjadi zona yang nyaman bagi mereka, seseorang bisa tenggelam dalam kegiatan itu dan tidak terganggu dari pengaruh luar, pikiran, emosi, dan terhindar dari stres,” kata Cross, seperti dikutip dari Body and Soul.

 

Buat beberapa orang origami bisa dibuat bersama – sama orang terdekat contohnya orang tua dengan anak atau yang belum berkerluarga bisa membuat origami dengan teman dekat atau sahabat
Untuk membuat origami, dibutuhkan konsentrasi penuh. Nah, kondisi itulah yang disebut Cross bisa membuat orang tidak membiarkan pikirannya mengembara ke mana-mana sehingga tidak memikirkan hal-hal yang mengganggu. Prinsip membuat origami, dikatakan Cross sama dengan kegiatan seni lain seperti mewarnai atau melukis.
Intinya, lanjut Cross, ketika seseorang melakukan sesuatu yang bisa membuat mereka terfokus pada pekerjaan itu, pikiran akan teralihkan. Dengan begitu, tak ada lagi kesempatan bagi Anda untuk memikirkan hal lain yang berpotensi menjadi sumber stres.

“Bisa dikatakan membuat origami, melukis, merajut, pada beberapa orang dewasa mampu dan bisa mengistirahatkan pikiran anda sejenak dari masalah yang dihadapi. Sehingga, stres pun berkurang,” kata Cross.
Sementara, bagi presiden Sydney Origami Inc, Winnie Leung, membuat origami selain bisa meredakan stres juga bisa memperbaiki suasana hati seseorang. Hal itu bisa didapat setelah proses pembuatan origami selesai.
“Saat Anda selesai membuat origami, meski langkahnya cukup sulit, akan ada kepuasan tersendiri di diri Anda. Itulah yang saya rasakan sehingga saya merasa suasana hati saya lebih baik, saya lebih percaya diri, dan pastinya bisa melupakan sejenak masalah saya,” tutur Leung.

Jadi pengobat stes tidak harus mengeluarkan banyak biaya seperti piknik, shoping dsb, dengan kata lain stres timbul karena terlalu fokus dengan masalah yang ada, untuk menghilangkan rasa stres yaitu mengalihkan pikiran dengan kesibukan lainnya contohnya ya origami.

Silahkan dishare semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang 🙂

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Hide Buttons