Cangklong alternatif mengurangi merokok

Biar ga salah persepsi diawal kita sepakat merokok apapun bentuk dan caranya tetap berbahaya walaupun tubuh juga butuh nikotin walaupun tidak banyak oke fix !!

Mau berhenti merokok pasti susah karena sifat kecanduan/kebiasaan dan gaya hidup hehehe,,,pokoknya yang perokok kayak seperti saya mending ga makan sekali dari pada ga merokok,,,ada kenikmatan tersendiri ketika kita merokok apalagi pas moment kayak habis makan, lagi mengkhayal, kumpul sama temen – temen apalagi moment yang ga kalah nikmatnya ya sambil jongkok di kamar mandi wkwkwkwk

Memang saya dan para perokok yang lain sadar bahaya dari kenikmatan merokok ada yaitu berujung kematian karena efek dari merokok, walaupun kita tahu merokok atau tidak merokok kita bakalan dijemput sama yang kuasa hanya kata peneliti perokok akan cepat meninggal karena efek bahaya rokok yang kita hisap,,,,

Dari segi ekonomi seorang perokok biaya hidupnya lebih mahal dibanding dengan non perokok, bayangin saja perokok seperti saya bisa menghabiskan 2 bungkus rokok kretek dalam sehari misal 1 bungkus harga rokok 14.000 dalam sehari saya habis 28.000 dalam sebulan ya sekitar 840.000 itu baru rokok belum yang lainnya,,kalo biaya rokok kita kumpulkan mungkin bisa buat beli rumah kali ya hehehe

langsung aja ke topik utama biar ga ngelantur kemana – mana, sebenernya sudah lama saya mikir dan usaha gimana cara berhenti merokok, yah paling tidak mengurangi lah, maklum selama ini di komplen sama orang rumah terutama istri yang uang dapurnya kepotong buat biaya beli rokok 🙁

coba browsing cara berhenti merokok nihil hasil kesimpulannya berhenti merokok ya tergantung niat sama usahanya,,,klo gitu mah semua orang juga tau bener ga ? tapi ada salah satu artikel yang bikin saya mikir yaitu mengurangi merokok dengan media cangklong,,,hmmm boleh juga nih, akhirnya saya coba dech brwsing cari – cari artikel mengenai cangklong sampai detailnya.

Singkat cerita sudah 3 bulan ini saya menggunakan cangklong kalo menurut saya yang masih cupu dalam dunia cangklonger ada sensasi dan kenikmatan tersendiri, apa emang sensasinya ? saya jelaskan dari awal dulu ya biar jelas.

Cangklong adalah salah satu alat pembakar tembakau yang terbuat dari kayu tentu kayunya tahan dari panas dan jenisnya berbeda dengan kayu biasa, kalo cangklong paling populer ya terbuat dari kayu briar yang adanya di eropa sana, kalo kayu itu sih sudah benar – benar sudah teruji biasanya banyak kolektor cangklong yang mengoleksinya karena dari cangklong seken/bekas aja masih harga masih diatas 500rb tergantung kondisi kalo harga barunya yang jelas diatas 1jt untuk bahas cangklog import cukup ya ntar kita bahas lagi.

Emang agak susah cari cangklong di toko – toko kalaupun ada hanya cangklong made in china yang bahannya dari fiber keras bukan kayu dan daya tahannya ga lama alias ga awet kata penjualnya. Akhirnya saya cari – cari di internet yang banyak di jual cangklong import dan bahannya macam – macam dan harga relatif. Akhirnya saya kepencut sama cangklong lokal buatan tangan asli indonesia, setelah ngobrol – ngobrol sama penjualnya disaranin untuk pemula pake kayu sonokeling lebih awet katanya, memang untuk cangklong buatan lokal ga kalah bagus dan rapih buatannya dan kayunya juga banyak ragamnya dari kayu sonokeling, dewandaru dll.

cangklongku

dan cangklong yang saya ambil cangklong kayu sonokeling yang harganya 200rb kata pembuatnya bisa awet hingga 6 bulan dengan durasi pemakaian seperti merokok biasa. Saat awal menggunakan cangklong memang susah soalnya tembakau yang dimasukan ke tungku cangklong (bowl) tidak boleh terlalu padat karena bakalan sering mati bara di tembakaunya itulah salah satu ritual sebelum cangklong bisa dinikmati, dan saat menikmati pertama kali rasa pahit tar-nya berasa di lidah dan dibibir disarankan sebelum menikmati cangklong siapin dulu tuh kopi dan teh manis soalnya tenggorokan agak panas,,

Baca juga : Proses Produksi abon ikan fenomenal

yah kok repot bener ritualnya ? kalo dibilang repot sih bener tapi itu juga bagian kenikmatan saat menggunakan cangklong,,,saat awal saya dikasih tembakau racikan dari pembuat cangklong aroma dan rasanya beda dengan rokok bungkusan karena aroma dan rasanya bermacam – macam seperti vanila, wine dsb sampe lupa saking banyaknya jenis racikan tembakaunya, dan sekarang saya pake tembakau lokal yang lebih ringan dan harganya jauh lebih murah, kalo tembakau import harganya diatas 100rb/50grm sedang tembakau lokal 15rb/50grm.
tembakau               338084_5171c581-399c-4b6e-8756-3424632edaba              338084_33b96530-0078-40fc-810f-0257028b6fb9

Gambar diatas tembakau import

estimasi 50grm tembakau bisa lah habis dalam 3 hari dengan durasi nyangklong seperti kayak merokok 2 bungkus dalam 1 hari. Akhirnya istri yang dirumah bisa senyum lebar dan masakan makin enak soalnya uang dapurnya sedikit yg kepotong wkwkwkwk bayangin aja dari dulu buat rokok aja abis sampe 700-800rb/bulan nah kalo sekarang cuma abis paling mahal cuma 200rban,,,mudah – mudahan cepet kaya ya aamiin

Cangklong sebenernya sedikit asap yang di hisap, cangklonger yang sudah terbiasa berbeda dengan merokok,,,apa bedanya ?? kalo merokok asap hampir 50-80 % masuk ke paru – paru sedang cangklonger asap hanya di kulum dimulut yang terhisap pun sedikit makanya sekarang kalo dah biasa nyangklong sekarang suruh ngrokok rokok biasa/bungkusan bakalan ga doyan karena beda sekali rasa dan sesasinya itu juga sama yang saya rasain.

Cangklong bagi sebagian orang sebagai mode menambah nilai plus dalam penampilan lihat saja para eksekutif muda banyak beralih ke cangklong bahkan para bos besar menggunakan cangklong contoh Bob Sadino beliau masa hidupnya tidak lepas sama cangklongnya. Sedang buat kalangan menengah kebawah melihatnya dari segi ekonomis disamping mendapatkan kenikmatannya juga lebih berhemat. Dan yang tidak kalah penting banyak akan pengrajin cangklong di Indonesia dan Petani tembakau masih bisa menanamnya.

Silahkan dishare semoga banyak orang yang bisa mengurangi merokok

 

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Hide Buttons