Abon Ikan, Telur, Sayuran Untuk Anak

ikan tuna

Anak adalah titipan tuhan kepada kita dan sebagai orang tua pasti akan memberikan yang terbaik bagi buah hati kita terutama asupan gizi pada makanannya. Makanan bergizi tidaklah identik dengan makanan yang mahal yang paling utama adalah kandungan gizi dan higienis.
Di masa pertumbuhan dan perkembangan anak terutama usia balita asupan gizi juga sangat dibutuhkan diantaranya , ikan dan telur sangat baik untuk si kecil.

Sejak diperkenalkan dengan makanan padat, anak juga perlu diperkenalkan dengan beragam bumbu dan variasi makanan. Sehingga pengetahuan mengenai makanan untuk si kecil perlu diketahui ibu di tahun pertama. Nutrisi yang baik dapat memberikan anak tumbuh sehat secara optimal.

Nutrisi yang baik dan seimbang juga dapat memberikan energi untuk untuk si kecil saat aktifitas yang tinggi karena masa pertumbuhan masa paling aktif dan dapat menguras energi si kecil, bergerak dan belajar memahami hal-hal disekelilingnya. Berikut ini ada beberapa bahan makanan sehat yang bisa Anda berikan pada si kecil dan wajib ada dalam makanan sehari-harinya.

Ikan

ikan tuna
Tidak dipungkiri Indonesia kaya akan hasil laut tentu ikan adalah sumber protein yang tinggi, bukan rahasia lagi kalau negara maju seperti Jepang, Korea, Eropa dan Amerika banyak mengkonsumsi ikan karena mereka tau disamping enak juga mengandung gizi yang baik dibandingkan dengan makanan yang lain. Untuk mengatasi bosan dengan menu ikan ibu juga bisa berkreasi untuk memasak ikannya entah di tumis atau dengan kreasi makanan ikan seperti abon ikan dan sarden.

Baca juga : Resep Membuat Abon Ikan Tuna
Resep membuat Abon Patin

Telur
Telur bisa dikatakan makanan murah tapi juga mempunyai kandungan gizi yang baik, Pengolahan telur untuk si kecil tidaklah sulit. Anda hanya cukup mencampurkan telur orak-arik atau di dadar dengan potongan sayuran sehingga makanan yang diberikan pada si kecil padat nutrisi, jangan pernah bosan membuat kreasi makanan untuk si buah hati

Sayuran

sayuran
Sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang tinggi akan serat, vitamin, mineral dan juga tinggi akan antioksidan. Bayam, kentang, wortel, brokoli serta lobak baik diberikan untuk anak-anak yang baru saja mulai belajar makanan padat. Untuk anak-anak yang baru mulai tumbuh gigi, Anda dapat memblender kasar sayuran. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah berusia satu tahun boleh diberikan potongan yang agak besar tapi tetap dimasak empuk. Memang agak susah untuk memberikan sayuran pada makanan si buah hati karena mereka merasa tidak enak, tapi percayalah dengan kesabaran ibu bisa merubah image si kecil kalau sayuran enak dan bagus untuk si kecil.

Kacang

tahu tempe
Kacang-kacangan mengandung serat dan juga protein. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Houston, mengungkapkan bahwa anak-anak yang ngemil kacang memiliki risiko lebih rendah terhadap kelebihan berat badan atau obesitas. Anda dapat memperkenalkan kacang-kacangan seperti kacang tanah dengan memberikan sedikit selai kacang pada sajian roti mereka. Kacang juga terkandung dalam tahu dan tempe lho jadi jangan berfikir makanan murah seperti tahu dan tempe tidak bergizi, dan jangan salah negara maju juga sedang mengembangkan makanan ini lho karena mereka tau besar manfaatnya.

Siahkan dishare semoga bermanfaat bagi banyak orang 🙂

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Hide Buttons